Senin, 06 Mei 2013

TIPS PEMBINAAN FISIK


TIPS PEMBINAAN FISIK

Kesamaptaan jasmani. 
Banyak calon siswa mengalami kegagalan dalam tes kesamaptaan jasmani karena tidak tahu gerakan yang benar dan aturan yang dipakai.
Akibatnya nilai yang dikumpulkan untuk materi samapta tidak tercapai.Ini terjadi karena calon siswa pada sebagian orang tidak mampu melaksanakan dengan baik dan sebagian lagi tidak sesuai dengan norma penilaian. Ingatlah bahwa hanya dengan modal semangat yang menggebu-gebu tidaklah cukup.
Ini contekannya.
Lari 12 menit. 
Coba tes kemampuan lari anda selama 12 menit, hitung jaraknya. Berapa meter ?
2.400 meter..mohon maaf, anda jangan harap lulus. Kalau hasilnya 2.800 meter nah itu baru bisa saya bilang bagus.
Untuk itulah gunanya latihan intensif sehingga diperoleh jarak yang jauh dalam waktu 12 menit.
Pelatihan yang baik untuk penunjang lari 12 menit adalah sebagai berikut
1) Siapkan jam tangan, setel stopwatch 12 menit.
2) Sepatu olah raga aerobic, alasnya karet empuk.
3) Pakaian olahraga yg longgar.
4) Laksanakan peregangan awal. Kemudian persiapan untuk lari.
5) Lari dengan awalan biasa tidak menggenjot kecepatan ± 500 m
awal, kemudian lari secara stabil sampai selesai. Perhatikan dan atur nafas, temukan irama nafas sesuai dengan lari yang kita laksanakan.
6) Setelah berlari kemudian laksanakan pelemasan.
tes samapta A
samapta lari
So..berapa kemampuan larimu selama 12 menit ?
Nah kalau sudah tahu waktu yang diberikan hanya segitu berarti anda sudah tahu mengukur kemampuan anda kan. Kurang dari 2.800 m berarti anda harus extra keras untuk mencapainya.
Dulu di salah satu Korem di Jawa pernah terjadi calon siswa Secata yang larinya kurang dari 7 putaran langsung gugur ! itu yang mantaf, tegas dan berani. Walaupun jumlah pendaftar banyak begitu dilangsungkan tes samapta langsung tumbang setengahnya. Siapkah anda?
Dan harus diingat bahwa lari setiap pagi seperti remaja yang pacaran di minggu pagi (ingat ?) tidak akan menambah kemampuan lari anda. Camkan itu dan buktikan. Gunakan metode lari seperti mereka yang TC lari apabila ikut lomba cabang atletik di event seperti PON , itu baru betul.
Samapta B
Tidak usah pusing. Lakukan saja setiap hari seperti kamu makan, 3x sehari. Kalau yang ini dijamin bisa. Samapta B adalah murni kekuatan otot, semakin sering dilatih maka semakin kuat. Minum suplemen seperti energi drink tidak akan berpengaruh, tidak akan membuat kamu kuat. Latihan lah yang membentuk kamu jadi kuat. PAHAMMM ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar